WE ARE THE SOLDIER HEAVEN SCOUT
Pasang widget ini? click here!

Minggu, 22 Juli 2012

LOMBA TINKAT V TAHUN 2012 ( SNEPAL SCOUT )

Lomba Regu Pramuka Tingkat Penggalang tahun 2012 atau biasa disebut Lomba Tingkat V telah selesai dilakasanakan. Lomba yang dilaksanakan pada tanggal 7 - 13 Juli 2012 di Bumi perkemahan cibubur jakarta timur itu diikuti oleh 66 regu yang terdiri dari 33 regu putra dan 33 regu putri yang merupakan perwakilan dari 33 provinsi di Indonesia.
Pembukaan LT V ( Lomba Tingkat V ) dilaksanakan pada tanggal 7 Juli 2012 dan dibuka langsung oleh ka' Kwartir Nasional yaitu Dr.dr. Asrul Aswar. Dalam sambutannya beliau berpesan kepada seluruh peserta untuk tetap menjunjung nilai-nilai sportifitas dan persahabatan, mengingat peserta LT V berasal dari seluruh pelosok negeri mulai dari Aceh sampai Papua.
Lomba Tingkat V memperlombakan 43 Item mata lomba yang terbagi dalam 7 kelompok kegiatan : 
1. Penghayatan dan Pengamalan Kode kehormatan Pramuka, terdiri atas: pelaksanaan ibadah, upacara, kerapian, kreatifitas, kedisiplinan, dan pengabdian masyarakat. 
2. Ketrampilan Kepramukaan, terdiri atas: baris berbaris, yel pramuka, halang rintang, kompas, peta topografi, peta pita, peta panorama, perkemahan, tali temali, semboyan dan isyarat, sandi, kim, pengamatan, PPPK, menaksir, survival, penataan perlengkapan (packing), dan senam pramuka.
3. Bela Negara, meliputi: pidato bela negara; sejarah perjuangan bangsa, mengenal penyelenggara negara; mengenal ketentuan tentang lambang negara, bahasa, bendera, dan lagu kebangsaan; mengenal negara-negara ASEAN; kesiapsiagaan; dan membuat poster. 
4. Ketrampilan Hidup, meliputi: memasak masakan khas daerah; mengenal tanaman; pengetahuan komputer; dan membuat obat tradisional. 
5. Ketrampilan Kewirausahaan, berupa hasta karya. 
6. Ketrampilan Manajerial, meliputi administrasi regu; kerjasama tim; dan forum penggalang. 
7. Seni dan Budaya Bangsa, meliputi: mengenal budaya daerah; pentas seni; melukis; karnaval; dan wisata pendidikan.
Kwartir Daerah Sulawesi Selatan sendiri diwakili oleh Regu Melati  dari SMPN 1 Pallangga Gowa untuk Putri dan Regu Garuda dari SMPN 7 Makassar untuk putra. Kedua regu ini berhak mewakili Kwartir Daerah Sul-Sel setelah berhasil menyisihkan regu lainnya dari 13 kwarcab yang hadir pada Lomba Tingkat IV. Banyak persiapan telah kami lakukan untuk mengharumkan nama Sulawesi selatan di ajang Lomba Tingkat V, mulai dari pemusatan latihan sampai latihan di gugus depan masing-masing, mengingat kontingen Sulsel tidak pernah masuk dalam 10 besar.

Pada tanggal 6 Juli 2012,peserta kami lepas untuk masuk ke lokasi lomba, sejak saat itu tidak ada komunikasi antara pembina pendamping dengan peserta, pendamping hanya bisa melihat dari jauh semua kegiatan yang dilaksanakan pada lomba tingkat V. Setelah kegiatan lomba berjalan pengumuman hasil lomba dari hari kehari pun mulai di umumkan dan di tempel di dinding. Pada hari pertama diumukan 2 mata lomba yaitu administras dan packing, Putri sulsel berada di peringkat ke 25 dan putran di peringkat 2, pada hari kedua Putri naik ke peringkat 2 dan putran turun ke peringkat 14. Pada hari ke tiga Putri turun ke peringkat 7 sedangkan putra di peringkat 12. hari ke-4 hingga seterusnya tidak ada lagi pengumuman yang ditempel karena peserta melaksanankan hiking di gunung pancar provinsi jawa barat.
Akhirnya pada pengumuman akhir yang dibacakan oleh ketua dewan juri pada penutupan Lomba regu pramuka tingkat penggalang tahun 2012,keluar sebagai regu berprestasi tinggi putri Jawa Barat dan putra Yokyakarta. Sedangkan prestasi yang diraih oleh Kwartir daerah Sulawesi Selatan  berada pada urutan ke-12 untuk putri dan urutan ke-21 untuk putra. Bagi kami SMPN 1 Pallangga, inilah hasil yang bisa kami berikan buat sulawesi-selatan, meskipun hasil ini diluar dari perkiraan kami karena kami sangat yakin bisa masuk 10 besar. 
Melalui tulisan ini, kami memohon maaf sebesar-besarnya buat seluruh pramuka di sulawesi-selatan yang telah menaruh harapan besar untuk mengangkat nama pramuka sulawesi selatan di ajang lomba nasional pada kami karena tidak bisa mempersembahkan yang terbaik buat kalian. Peringkat ke-12 lah yang bisa kami berikan buat sulawesi selatan, semoga di LT V berikutnya siapa pun yang mewakili sulawesi selatan bisa meraih prestasi lebih dari apa yang telah kami persembahkan.
Terima kasih buat semua dukungan dan doa dari semua pihak yang telah membantu kami, mulai dari kwartir daerah sulawesi selatan, kwartir cabang gowa, kwartir ranting Pallangga, dan sekolah kami SMPN 1 Pallangga. dan terutama buat bina damping yang selalu setia mendampingi adik-adik mulai dari persiapan hingga selesai.

Salam pramuka.

Tidak ada komentar: